Rekomendasi 10 Oleh-oleh Khas Malang untuk Keluarga dan Teman

Rekomendasi 10 Oleh-oleh Khas Malang untuk Keluarga dan Teman

Indonesia punya banyak tempat tujuan wisata salah satunya Kota Malang, Jawa Timur. Jalan-jalan ke Kota Malang rasanya tak lengkap jika tak membawa oleh-oleh khas Malang saat pulang. Pasalnya, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya ini punya banyak suvenir unik dan kuliner enak.

Berikut Bimex Tour and Travel rangkumkan sepuluh oleh-oleh khas Malang untuk keluarga dan temanmu yang sayang untuk dilewatkan.

Keramik Dinoyo

Salah satu oleh-oleh khas Malang yang patut kamu bawa pulang adalah Keramik Dinoyo. Produk kriya ini dapat kamu temukan sepanjang jalan Mas Tirtodarmo Haryono XI. Ada berbagai macam produk kriya menarik di sana, mulai dari guci, vas bunga, asbak, gelas, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.

Keripik Buah

Salah satu buah yang terkenal dari Kota Malang adalah apel. Saking melimpahnya produksi apel di Kota Malang, apel pun kerap dijadikan bahan camilan enak, contohnya keripik. Namun tak hanya keripik apel, kamu juga bisa membawa pulang keripik buah lainnya, seperti keripik nangka, nanas, dan lain-lain.

Keripik Tempe

Selain keripik buah, keripik lain yang patut kamu coba adalah keripik tempe. Ya betul, penduduk Kota Malang tak hanya pandai meramu buah-buahan jadi camilan, tapi lauk yang bisa kita makan sehari-hari juga disulap jadi camilan enak. Sebagai informasi nih, keripik tempe di Kota Malang bisa ditemukan dengan mudah.

Malang Strudel

Siapa yang tak pernah mendengar oleh-oleh khas Malang yang bernama Malang Strudel? Strudel merupakan kue berlapis yang terbuat dari pastry kemudian diisi dengan berbagai buah-buahan. Kue ini awalnya berasal dari Austria, tapi dimodifikasi oleh penduduk Kota Malang sehingga bercita rasa lokal. Malang Strudel bisa kamu dapatkan di sekitar Semeru atau di pusat Kota Malang.

tempat wisata di belitung
Ilustrasi 2 Rekomendasi 10 Oleh-oleh Khas Malang untuk Keluarga dan Teman (Sumber Unsplash)
Pia Cap Mangkok

Sejak tahun 1959 oleh-oleh khas Malang yang satu ini sudah sangat populer. Pia Cap Mangkok menjadi oleh-oleh legendaris yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Awalnya Pia Cap Mangkok hanya punya satu rasa, yaitu kacang hijau. Namun kini varian rasanya semakin beragam, seperti rasa cokelat, keju, tangkwe, durian, dan green tea.

Bakso Beku

Siapa yang mampu menolak kenikmatan bakso Malang? Bakso Malang memang ada di mana-mana, tapi tak lengkap rasanya jika tak icip langsung bakso Malang dari kota asalnya.  Tak hanya icip di tempat, bakso Malang original ini bisa kamu bawa pulang karena ada versi bekunya yang bisa tahan sampai berbulan-bulan.

Sari Apel

Saking melimpahnya apel di Kota Malang, apel tak hanya diolah menjadi keripik. Namun buah yang satu ini juga diolah menjadi minuman segar. Ya, Sari Apel namanya. Sama seperti keripik, Sari Apel juga tak sulit ditemukan. Kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh atau di kawasan agrowisata Kota Malang.

Jenang Apel

Apa yang terlintas di benak kamu kalau mendengar kata jenang? Kudapan tradisional kenyal dengan rasa gula aren? Ya, di Kota Malang apel juga disulap menjadi jenang atau disebut juga dodol. Oleh-oleh khas Malang ini punya cita rasa unik lho. Selain manis, jenang apel khas Malang rasanya juga segar dan lembut.

Malang Cokelat Tempe

Bayangkan manisnya gula, pahitnya cokelat, dan gurihnya tempe berpadu dalam lidahmu. Rasanya pasti unik, kan? Ya, uniknya rasa cokelat tempe yang menyatu ini tak boleh kamu lewatkan. Tak cuma rasa cokelat, kamu juga bisa mencicipi rasa lainnya, seperti pedas, apel, dan stroberi.

Carang Mas

Oleh-oleh khas Malang memang banyak yang identik dengan buah, terutama apel. Namun ada juga lho oleh-oleh yang berbahan baku ubi jalar dan gula jawa, yaitu Carang Mas. Sama seperti yang lain, ini juga tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Carang Mas merupakan kue kering yang dibentuk mirip mi kemudian digoreng dan bercita rasa manis.

Baca Juga: Tour Domestik Malang

× Chat Now