Makanan Khas Belitung yang Wajib Dicoba oleh Wisatawan

Makanan Khas Belitung yang Wajib Dicoba oleh Wisatawan

Dulu Belitung bisa dibilang surga tersembunyi. Pasalnya, belum banyak orang yang tahu tentang keindahan pulau ini. Namun sejak menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, keindahan Belitung mulai terungkap. Sekarang Belitung menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan.

Banyak orang ingin menyambangi Belitung. Pulau ini sangat terkenal dengan wisata pantainya. Banyak pantai indah di Belitung mulai dari pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Punai, Penyabong, dan masih banyak lagi. Selain menikmati keindahan pantai, kuliner khas pantai juga patut kamu coba saat liburan ke Belitung.

Berikut lima makanan khas Belitung yang wajib dicoba oleh wisatawan.

Cakien

Cakien merupakan makanan khas Belitung yang berbahan dasar ikan ekor kuning. Rasanya hampir mirip dengan bakso ikan, tapi Cakien bentuknya lebih panjang dan dilapisi oleh kulit tahu. Cakien bisa dimakan dengan digoreng terlebih dahulu atau cukup dihangatkan dalam microwave. Rasanya gurih dan teksturnya sangat kenyal ketika digigit.

Selain itu, makanan khas Belitung ini juga bisa menjadi campuran hidangan lain lho seperti sop atau capcay. Nah menikmati Cakien goreng akan terasa lebih nikmat jika dicocol ke dalam sambal cabai. Jika ingin mencicipi Cakien, sebaiknya pesan dulu ke pemandu wisata sebab makanan ini merupakan produk olahan rumah.

Pempek

Pempek khas Belitung tentu saja berbeda dengan pempek khas Palembang, Sumatra Selatan. Jika pempek khas Palembang berbahan dasar ikan air tawar, maka pempek khas Belitung berbahan dasar ikan air laut. Tak hanya bahan dasar yang berbeda, kuahnya pun berbeda. Kuah pempek khas Belitung biasanya menggunakan tauco.

Nah ikan air laut yang digunakan sebagai bahan dasar pempek Belitung biasanya ikan tenggiri atau ikan parang-parang. Bahan dasar pempek khas Belitung lainnya adalah singkong atau menggale sehingga teksturnya lebih padat dan kenyal. Pempek ini bisa dijadikan oleh-oleh karena tahan sampai tiga hari.

Kepiting Isi
makanan khas belitung
Ilustrasi Kepiting Isi (Sumber Unsplash)

Penduduk Belitung sepertinya tahu betul cara mengolah hasil lautnya, sebab hidangan yang satu ini bisa dibilang sangat lezat. Seperti namanya, bahan baku utama kepiting isi adalah kepiting segar. Kepiting segar tersebut kemudian dipisahkan cangkang dan dagingnya. Lalu, dagingnya diolah terlebih dahulu.

Daging kepiting yang diolah akan dicampurkan dengan garam, lada, bawang, dan telur. Setelah diolah, kemudian daging dimasukkan lagi ke dalam cangkang untuk digoreng. Kepiting isi umumnya digoreng sampai benar-benar matang. Namun jika untuk oleh-oleh, maka cukup digoreng setengah matang saja.

Otak-otak

Makanan khas Belitung yang satu ini disebut juga ampiyang. Ampiyang biasanya berwarna agak kecoklatan. Makanan ini terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan telur dan santan kelapa. Lalu ditambah penyedap rasa seperti garam dan merica. Selain itu ditambah juga tepung tapioka atau sagu.

Nah ampiyang atau otak-otak khas Belitung biasanya disantap dengan tauco merah yang terasa asam, pedas, dan manis. Ada tiga jenis ampiyang yang dapat dinikmati, yaitu ampiyang goreng, kukus atau rebus, dan bakar. Semuanya sama-sama lezat, tergantung kamu lebih suka yang mana.

Bakso Ikan

Bakso ikan memang ada di mana-mana, tapi bakso ikan khas Belitung sepertinya lebih istimewa untuk para pecinta bakso. Bakso ikan khas Belitung terbuat dari ikan ekor kuning atau ikan birai, bisa juga dengan ikan tenggiri. Meskipun berbahan dasar ikan, makanan khas Belitung ini disajikan mirip bakso sapi, ada kuah, mi kuning atau bihun, dan sayurnya.

Mulai ngiler dan penasaran mencicipi makanan khas Belitung? Yuk liburan ke Belitung bersama Bimex Tour dan Travel. Bimex Tour and Travel menyediakan promo paket tur murah ke Belitung. Kamu akan diajak menyambangi pantai-pantai cantik di sana dan menikmati kulinernya yang lezat.

Baca Juga: Tour Domestik Belitung

× Chat Now