8 Tempat Wisata di Belitung Ini Siap Buatmu Fresh Lagi!

8 Tempat Wisata di Belitung Ini Siap Buatmu Fresh Lagi!

Siapa yang tak tahu Belitung? Pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia ini menyimpan sejuta pesona. Dulu Belitung memang pulau tersembunyi, tak banyak orang yang tahu soal pulau ini. Namun sejak kemunculannya dalam film Laskar Pelangi, Belitung menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan.

Tempat wisata di Belitung sangat identik dengan pantai sehingga banyak sekali pantai di Belitung yang patut kamu jelajahi. Namun selain pantai, ada juga lho tempat wisata menarik lainnya yang tak boleh kamu lewatkan. Berikut Bimex Tour and Travel rangkum delapan rekomendasi tempat wisata di Belitung.

Sekolah Dasar (SD) Laskar Pelangi
tempat wisata di belitung
Ilustrasi Sekolah Dasar (SD) Laskar Pelangi (Sumber Unsplash)

Sekolah Dasar (SD) Laskar Pelangi tadinya tak ada di Belitung. Namun bangunan ini sengaja dibangun untuk keperluan syuting film dengan judul yang sama, yaitu Laskar Pelangi. Pada film Laskar Pelangi, SD ini diceritakan sebagai SD Muhammadiyah Gantong. SD Muhammadiyah Gantong sendiri sebenarnya sudah tak ada. 

Pantai Tanjung Kelayang
tempat wisata di belitung
Ilustrasi Pantai Tanjung Kelayang (Sumber Unsplash)

Pantai Tanjung Kelayang berada di Kecamatan Sijuk. Pantai ini berjarak sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung. Ada hal unik lho di Pantai Tanjung Kelayang, yaitu terdapat puluhan batu granit raksasa yang bentuknya mirip burung garuda. Pantai ini juga sempat menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi.

Pulau Gusong
tempat wisata di belitung
Ilustrasi Pulau Gusong (Sumber Unsplash)

Pulau Gusong dikenal juga dengan sebutan Pulau Pasir. Pulau ini terletak di Jalan Gusong Bugis, Desa Juru Seberang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Selain menikmati keindahan laut, di Pulau Gusong kamu juga bisa rekreasi ke area hutan mangrove. Namun sayangnya, Pulau Gusong hanya bisa dikunjungi pada saat-saat tertentu saja.

Pulau Batu Berlayar
tempat wisata di belitung
Ilustrasi Pulau Batu Berlayar (Sumber Unsplash)

Pulau Batu Berlayar memakan waktu tempuh sekitar 10 menit dari Pulau Gusong. Pulau Batu Berlayar hanya bisa dikunjungi pada saat-saat tertentu saja, yaitu pada saat air laut surut. Sama seperti di Pantai Tanjung Kelayang, di pulau ini juga terdapat banyak batu granit besar dan menjulang tinggi. Batu-batu granit ini cocok untuk dijadikan latar belakang foto.

Pulau Lengkuas
tempat wisata di belitung
Ilustrasi Pulau Lengkuas (Sumber Unsplash)

Pulau Lengkuas merupakan salah satu dari ratusan ribu pulau yang mengelilingi Belitung. Pulau yang terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang ini terkenal dengan mercusuarnya. Mercusuar tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda. Meskipun usianya sudah tua, mercusuar ini masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal.

Pantai Tanjung Tinggi
tempat wisata di belitung
Ilustrasi Pantai Tanjung Tinggi (Sumber Unsplash)

Salah satu tempat wisata di Belitung ini diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Pantai Tanjung Tinggi memiliki area seluas 80 hektar dengan hamparan pasir putih. Indahnya hamparan pasir putih juga berpadu dengan air laut yang jernih. Wisatawan yang berkunjung bisa berenang dengan nyaman, karena ombaknya tergolong kecil.

Rumah Adat Belitung
tempat wisata di belitung
Ilustrasi Rumah Adat Belitung (Source Indonesia Kaya)

Rumah Adat Belitung merupakan tempat wisata kebanggaan masyarakat Belitung. Rumah ini berdiri di atas lahan seluas 500 meter persegi. Ia berlokasi di Jalan Gajah Mada, Desa Lesung Batang, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Rumah Adat Belitung terdiri dari tiga bagian, yakni ruang utama, loss, dan dapur.

Danau Kaolin
tempat wisata di belitung
Ilustrasi Danau Kaolin (Source Pemerintah Kabupaten Belitung) (Sumber Unsplash)

Selain wisata pantai, Belitung juga punya tempat wisata berupa danau. Ya, Danau Kaolin namanya. Danau Kaolin memiliki daratan yang cemerlang berwarna putih. Sementara air di danau ini terlihat berwarna biru menyala. Danau Kaolin bukan danau vulkanik seperti Danau Kawah Putih di Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja, tapi terbentuk akibat aktivitas pertambangan.

Baca Juga: Tour Domestik Belitung

 

× Chat Now